Lapisan Cladding Untuk Eksterior Gedung

Lapisan Cladding Untuk Eksterior Gedung

Demi mendukung tampilan luar sebuah gedung supaya mempunyai nilai estetika yang lebih seringkali pada proses finishing digunakanlah bahan cladding. Bahan tersebut adalah unsur tambahan dengan fungsi sebagai pelapis dinding gedung. Untuk pengaplikasiaannya kontraktor akan mengacu pada lapisan fasad bangunan sehingga elemen tersebut memberikan kesan artistic namun tetap fungsional.

Cladding sangat berguna untuk melindungi konstruksi gedung dari segala unsur yang sifatnya merusak seperti curah hujan, perubahan cuaca, dan tinggat kelembaban ekstrim.  Bahan cladding yang umum dipakai berupa kayu, batu imitasi, vinil atau plastic, dan beragam jenis logam. Untuk cladding berbahan kayu biasanya berasal dari pohon pinus, kayu merah, cedar, dan sirap. Lembaran kayu lapis juga sering dimanfaatkan untuk melapisi gedung. Sedangkan dari bahan logam kita bisa menemukan bahan – bahan dari baja galvanis serta aluminium composite panel.

Lapisan Cladding Untuk Eksterior Gedung

Proses pemasang cladding pada eksterior gedung dapat dilaksanakan dari atas ke bawah. Alternatif lain yang sering dilakukan para kontraktor adalah dengan mengerjakannya mulai dari bagian penopang lalu merambah ke struktur selanjutnya. Proses semacam itu ditujukan untuk mendapatkan hasil akhir yang kuat dan mendapatkan tampilan yang rapi serta tertata dengan sempurna.

Sebetulnya bahan cladding tidak terlalu kuat terhadap cucuran air hujan dan terpaan angina. Oleh karena itulah tahap finishing baru selesai setelah sistem perlindungan cladding seperti water proof dipasang dipasang secara menyeluruh. Elemen terluar tersebut memang penting untuk ditambahkan supaya gedung memiliki sistem proteksi terpadu. Selain itu kita juga perlu menyadari bahwa fungsi dari cladding lebih utama untuk menambah nilai estetika.

Jenis Bahan Cladding Yang Umum Digunakan

·         Batu Veneer

Batu veneer adalah material yang cukup bernilai seni untuk di tampilkan pada eksterior gedung. Karena hal itulah harga dari bahan yang satu pun lebih mahal dari jenis cladding lainnya. Pengerjaannya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

·         Vinyl Siding

Bahan kedua ini menjadi yang paling sering digunakan. Dibuat dari bahan dasar PVC dan pane resin membuat harganya relative murah.

·         EIF S (Serupa Beton)

·         Wood Siding (Kayu)

 

·         Metal Siding (Logam)