Ingin Meronavasi Rumah Dengan Menggunakan Jasa Arsitek? Ini Dia Perhitungannya

Pertanyaan : Saya dimas, Saya ingin renovasi rumah dan akan menggunakan jasa arsitek rumah, kira-kira perhitungan jasa tersebut bagaimana?

Terima kasih

Jawaban :

Hi pak Dimas, setiap jasa arsitek rumah memiliki beberapa cara untuk menentukan biaya jasanya, diantaranya:

  1. Berdasarkan prosentasi biaya konstruksi

Cara ini biasanya digunakan pada rumah mewah dengan berbagai detail yang rumit, dan juga banyak perubahan yang diinginkan oleh owner. Dengan Sistem inilah akan memungkinkan arsitek mengakomodasi permintaan perubahan suatu desain ditengah jalan oleh permintaan owner, karena biaya arsitek akan dihitung berdasarkan dengan total biaya pembangunan sampai proyek itu selesai.

Ingin Meronavasi Rumah Dengan Menggunakan Jasa ArsitekIni Dia Perhitungannya

  1. Berdasarkan ukuran dari bangunan

Cara ini biaya desain akan dipertimbangkan dari ukuran bangunan yang akan didesain. Misalnya tarif arsitek 30 ribur per m2, dan luas bangunan yang arsitek desain adalah 150 m2, maka biaya yang dipatok adalah 30 ribu x 150 yaitu 4,5 juta.

  1. Berdasarkan biaya tetap

Dengan cari ini pada dasarnya ditetapkan oleh client, karena biasanay client khawatir beberapa biaya yang tidak begitu fleksibel dan cenderung naik yang ditetapkan oleh arsitek di kemudian hari. Jalan keluar dari hal tersebut yaitu dengan menggunakan biaya tetap, yaitu arsitek menghitung dengan rinci semua biaya-biaya proyek kemudian dari jumlah itu ditetapkanlah biaya jasanya.

Selamat membangun rumah Pak Dimas, dan carilahi jasa arsitek jakarta yang sesuai dengan anggaran dan desain yang di inginkan.